indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

Capt. Isa Amsyari : KSOP Marunda Koordinasi Penuh Pelaksanaan Survey Mandiri Penetapan Alur Pelayaran

JAKARTA (ISL News) – Kepala KSOP Kelas IV Marunda, Capt.Isa Amsyari M. Mar menyatakan, sebagai UPT (Unit Pelaksana Teknis),  KSOP  memiliki tiga tugas yakni, pertama, pengawasan dan penegakan hukum hukum bidang keselamatan dan keamanan pelayaran. Kedua, mengkordinasikan kegiatan pemerintahan di pelabuhan dan ketiga, pengawasan dan pengendalian kegiatan pelabuhan yang berkenaan dengan komersil.

"Jadi sebagai KSOP wajib mengkordinasi, integrasi dan sinkronisasai dengan instansi terkait, baik internal maupun eksternal terkait kepadatan lalu lintas kapal yang melakukan kegiatan usaha di Pelabuhan Marunda. Dan salah satunya mendorong semua pihak yang berkepentingan di Pelabuhan Marunda agar adanya penetapan alur pelayaran dari Kementerian Perhubungan," kata Capt. Isa Amsyari.

Selain itu juga dikatakan, dengan sudah ditetapkannya alur pelayaran oleh pemerintah maka keadaan alur pelayaran Pelabuhan Marunda akan semakin baik, jelas dan lengkap sarana perambuannya. Hal tersebut akan membuat alur pelayaran semakin aman dilintasi kapal-kapal dan minim dari risiko yang membahayakan.

"Bagi pengguna jasa pelabuhan adanya penetapan alur membuat layanan keluar masuk kapal lancar, selamat dan aman. Karena adanya kejelasan soal perlintasan yang dapat dilalui kapal keluar masuk, zona labuh, " kata Capt. Isa.

Sedangkan bagi KSOP Marunda keberadaan alur yang sudah ditetapkan, pada akhirnya membuat lingkungan pelabuhan bisa menuju zero accident, karena tingkat keamanan dan keselamatan semakin tinggi," tegas Capt.

"Dan dampaknya dapat meningkatkan pendapatan negara melalui KSOP Marunda yang diterima dari PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) karena semakin meningkat kedatangan kapal pada pelabuhan yang keluar masuknya di pelabuhan aman, selamat dan lancar, " tambah. Capt Isa Amsyari.

(Red. ISL News/email:This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).

indonesiashippingline.com (ISL News), islnewstv.com, isl news tv, isl news interaktif adalah merk dagang milik dan diterbitkan oleh PT ISL Media Nasional sejak 2012 di Jakarta (@copyright)

Top Desktop version