indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

Tanjung Intan PORT Gelar Pelatihan dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran

INDONESIA SHIPPING LINE.COM (CILACAP) –Dalam hal kasus kebakaran boleh dibilang belum banyak pengetahuan masyarakat tentang bagaimana mencegah terjadinya kebakaran dan bagaimana menanggulanginya. Karenanya PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) (Pelindo III) Cabang Tanjung Intan menggelar Pelatihan dan Simulasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran pada Rabu (10/02) di Operation Room kantor PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Intan.

 

”Kegiatan semacam ini kami berikan sebagai bekal para karyawan karena sangat bermanfaat untuk dapat menjaga keselamatan diri dan para pekerja serta melatih kesigapan dan keterampilan dalam memadamkan kebakaran karena bencana kebakaran dapat terjadi di mana saja dan penanggulangan bencana kebakaran adalah tanggung jawab kita bersama.”, kata Fariz Hariyoso General Manager Cabang Pelabuhan Tanjung Intan saat memberikan sambutan sekaligus membuka pelatihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran di lingkungan  Pelabuhan yang dipimpunnya itu.

Untuk memberikan penjelasan materi terkait tata cara penanggulangan kebakaran dan penggunaan alat pemadam kebakaran, Pelindo Tanjung Intan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cilacap. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala UPT BPBD Kabupaten Cilacap, Misran menyampaikan pentingnya kegiatan tersebut.

”Kegiatan ini patut dicontoh oleh lembaga lain guna mengantisipasi bencana kebarakaran yang bisa terjadi sewaktu-waktu karena kebakaran merupakan peristiwa yang tidak diduga dan tidak bisa diprediksi. Pelatihan ini tidak hanya memberikan cara bagaimana memadamkan kebakaran tapi juga mencegah kebakaran,” ujarnya.

Dalam simulasi tersebut peserta pelatihan pemadam kebakaran diberikan petunjuk dan materi terkait penggunaan APAR untuk mengatasi musibah kebakaran. Pelatihan yang diikuti oleh pegawai, karyawan Pelindo Daya Sejahtera (PDS) dan petugas security dari Pelindo Tanjung Intan berlangsung dengan lancar dan tidak mengundang kepanikan orang-orang yang berada di sekitar tempat pelatihan. Bayu, salah satu peserta pelatihan mengaku sangat senang dan antusias akan pelatihan tersebut.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk dapat mencegah terjadinya kebakaran dan bagaimana menanggulanginya sehingga korban serta kerugian yang mungkin terjadi akibat kebakaran tersebut dapat ditekan seminimal mungkin,“pungkasnya.

Simulasi pelatihan PBK yang berlangsung dari pagi hingga siang hari ini diakhiri dengan memberikan pelatihan langsung tentang tata cara pengunaan APAR di halaman depan gedung kantor Pelindo Tanjung Intan dan petunjuk pemakaian selang pemadam kebakaran untuk memadamkan api pada saat terjadi kebakaran di lapangan penumpukan Pelabuhan Tanjung Intan.

Kegiatan simulasi penanggulangan bencana kebakaran ini sekaligus merupakan penutup serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2015 yang diadakan PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Intan Cilacap. Sebelumnya telah dilaksanakan pemasangan bendera dan spanduk bulan K3 di lingkungan Pelabuhan Tanjung Intan, kegiatan kerja bakti di ruang kantor Pelindo Tanjung Intan, lomba foto bulan K3 Nasional tahun 2016, sosialisasi K3 dengan TKBM dan upacara bulan K3. (Tim ISL/ email:This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).

 

indonesiashippingline.com (ISL News), islnewstv.com, isl news tv, isl news interaktif adalah merk dagang milik dan diterbitkan oleh PT ISL Media Nasional sejak 2012 di Jakarta (@copyright)

Top Desktop version