indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

Terus Tekan Dwelling Time, TPKS Tambah CC dan A-RTG

INDONESIA SHIPPING LINE.COM (SEMARANG)– Guna memperpendek dwelling time dan meningkatkan service kepada para pengguna jasanya, Pelindo III Terminal Petikemas Semarang (TPKS) telah mendatangkan belasan peralatan bongkar muat dan akan dioperasikan tahun depan.

Sedikitnya 11 alat angkat petikemas berupa 2 unit Container Crane (CC) dan 11 unit Automated-Rubber Tyred Gantry (A-RTG) dalam bentuk terpisah-pisah ini dikirim dari Markas Besar Konecranes di Hyvinkää, Finlandia menuju Pelabuhan Tanjung Emas menggunakan MV Artisgracht, kapal yang berjenis muatan general cargo ini dibuat pada tahun 1990 dan berbendera Belanda.

“11 unit A-RTG ini merupakan bagian penting dalam modernisasi alat angkut di Pelabuhan, dan merupakan yang pertama ada di Indonesia. Pelindo III TPKS sendiri terus melakukan inovasi dan terobosan dengan investasi alat angkut A-RTG yang canggih, efisien dan ramah lingkungan untuk mempercepat proses bongkar muat di Pelabuhan”, ujar Erry Akbar Panggabean, General Manager Pelindo III TPKS, baru-baru ini.

Secara detail, Agus Budi Irianto, Manager Teknik Pelindo III TPKS menambahkan bahwa proyek upgrade fasilitas di TPKS yakni perpanjangan dermaga 105m, perluasan Container Yard baru dengan luas 5,3Ha dan jaringan elektrik A-RTG tersebut akan selesai pada tahun ini. Dimana disebutkan juga bahwa 11 unit A-RTG ini akan dioperasikan di perluasan CY baru tersebu dan segera beroperasi penuh pada awal tahun 2016 mendatang.

“Mengenai konsultan teknik, pengawas lapangan dan owner dari perusahaan pengerjaan proyek tersebut merupakan alumnus dari Universitas Diponegoro. Sehingga hal ini bisa dikatakan bahwa lulusan Undip juga dapat berkarya di pintu gerbang ekonomi Jawa Tengah dan secara tidak langsung juga memberikan sumbangsih nyata pada perkembangan Propinsi ini,” tambah Agus Budi terkait proses pengerjaan perpanjangan dermaga dan CY tersebut. (Tim ISL).

 

indonesiashippingline.com (ISL News), islnewstv.com, isl news tv, isl news interaktif adalah merk dagang milik dan diterbitkan oleh PT ISL Media Nasional sejak 2012 di Jakarta (@copyright)

Top Desktop version