indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

Atasi Peningkatan Kecelakaan Di Darat Dengan Kampanye Keselamatan

JAKARTA /ISL.COM - Angka kecelakaan dari angkutan darat cukup tinggi. Untuk mangantisipasi peningkatan kecelakaan, Derektorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan menyelenggarakan pekan keselamatan dengan berbagai acara, seperti sosialisasi keselamatan pada sopir, sampai pada lomba bunyi klakson bus.

Tingginya angka kecelakaan bisa terlihat pada data dari  Polri pada tahun 2016 jumlah kejadian kecelakaan sebanyak 105.374 kejadian dengan korban meninggal dunia 25.859 jiwa.

“Jika dihitung dalam satu hari rata-rata sekitar 72 - 73 jiwa atau 3 - 4 orang tiap jamnya meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas dan rata-rata didominasi oleh kelompok usia produktif usia 16 - 30 tahun,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya pada launching Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2017 di Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang, Minggu (21/5).

Kementerian Perhubungan  juga melakukan pembinaan dan pengawasan kepada seluruh angkutan jalan.

Terselenggaranya Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2017 oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan tema 'Sayangi Nyawa Kurangi Kecepatan' fokus pada manajemen kecepatan dan mendorong masyarakat untuk peduli mengurangi kecepatan saat berkendara.

“Tema ini tidak hanya menjadi tema kampanye di Indonesia namun sudah menjadi isu keselamatan lalu lintas jalan yang mendunia dan dikampanyekan pula oleh dunia internasional yang didukung resmi oleh PBB/WHO,” ujar Budi.

“Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran publik tentang permasalahan keselamatan lalu-lintas jalan, serta dapat meningkatkan pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, selamat, tertib dan lancar,” tambahnya.

Pada tahun 2013 Pemerintah telah mengeluarkan Inpres Nomor 4 tahun 2013 tentang Dekade Aksi Keselamatan Jalan yang menjadi payung hukum gerakan kampanye keselamatan lalu lintas jalan di Indonesia. Organisasi Kesehatan Dunia telah menyelenggarakan Konferensi Pers Virtual pada hari Jumat (5/5) untuk memulai Pekan Keselamatan Jalan (United Nation Global Road Safety Week / UNGRSW) ke-4 yang tahun ini mengambil tema Save Lives #SlowDown.
"Kurangi kecepatan dalam hal ini bukan dimaksudkan secara harafiah menjadi lambat, tapi kurangi kecepatan dalam hal ini menjadi evaluasi bagi kita untuk lebih mempersiapkan kendaraan sebelum melakukan perjalanan," pungkas Budi.

Sebagai tindak lanjut dari Pekan Keselamatan Jalan tahun 2017 tersebut, Kementerian Perhubungan telah melaksanakan beberapa langkah nyata terkait permasalahan keselamatan lalu lintas jalan di Indonesia, terkait dengan pembatasan kecepatan diantaranya program Pembangunan ZoSS (Zona Selamat Sekolah), Program RASS (Rute Aman Selamat Sekolah), Program LRK (Lokasi Rawan Kecelakaan), Program Uji Coba Batas Kecepatan dan Inspeksi Kelaikan Jalan Kendaran Angkutan Umum. Inspeksi Kelaikan Jalan Kendaraan Angkutan Umum bertujuan untuk menjamin kelaikan jalan kendaraan atau sarana, kesiapan pengemudi, dan ketertiban administrasi sehingga tercapai keselamatan dalam pelayanan angkutan.
Dan pada kesempatan yang sama, launching Pekan Nasional Keselamatan Jalan diawali dengan kompetisi *OM TELOLET OM*.

"Hari ini saya gembira, kegembiraan yg diwakili oleh masyarakat untuk menyaksikan kompetisi telolet. Ini adalah apresiasi kepada mereka yg berkarya. Dengan keselamatan, dalam berkendaraan bis harus memberikan contoh bahwa keselamatan adalah yg utama," ujar Menhub.

Lebih lanjut Budi juga menyampaikan melalui kompetisi ini, Kementerian Perhubungan mengkampanyekan untuk menggunakan bus sebagai moda transportasi dalam berkendara, terlebih dalam menyambut arus mudik angkutan lebaran sebentar lagi.

Pada kesempatan yang sama, untuk menunjang angkutan lebaran 2017, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah juga menyampaikan  bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa terminal tambahan sebagai penunjang terminal utama.
Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Utama Perum PPD Pende Putu Yasa, Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, serta Direktur Keselamatan dan Pelayanan Perum Damri Gede Pasek Suardika. (ABU BAKAR/ISL.COM).

indonesiashippingline.com (ISL News), islnewstv.com, isl news tv, isl news interaktif adalah merk dagang milik dan diterbitkan oleh PT ISL Media Nasional sejak 2012 di Jakarta (@copyright)

Top Desktop version