indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

Pelabuhan Patimban Beroperasi, Tidak Ada Masalah Bagi IKT

BERKAITAN Dengan rencana beroperasinya pelabuhan Patimban pada akhir tahun ini, bagi Ari Henryanto, Dirut PT IKT Tbk. atau IPC Car Terminal, menyatakan tidak ada masalah, sebagaimana disampaikan pada sebuah media di Jakarta belum lama ini.

 

Justru adanya Patimban menjadi solusi bagi industri otomotif yang setelah wabah korona selesai di indonesia, bisa sebagai alternatif. Bisa jadi adanya pelabuhan Patimban memang sebagai kebutuhan karena kapasitas di Tanjung Priok yang over capacity.

“Kapasitas IKT sendiri hanya 700 ribu, terdiri atas 200 ribu untuk domestik dan 500 ribu internasional. Jadi kalau Gaikindo mentargetkan ekspor 1 juta mobil, maka hadirnya Patimban itu memang jadi kebutuhan, karena IKT mampu menampung itu semua,” kata Ari.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pelabuhan Patimban yang berlokasi di Subang, Jawa Barat, mulai beroperasi tahun ini.

Pelabuhan tersebut disebut akan lebih besar dibandingkan pelabuhan Tanjung Priok.

“Kita bangun Patimban yang lebih besar dari Priok dan diharapkan bisa launching tahun ini,” katanya, dalam diskusi virtual Senin (24/8).

Budi Karya mengatakan, pembangunan Pelabuhan Patimban merupakan salah satu upaya Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan konektivitas antar pulau melalui sarana transportasi laut.

Pelabuhan Patimban diproyeksi dapat diselesaikan untuk tahap I pada bulan Oktober 2020, sehingga bisa dilakukan soft launching pada November 2020 mendatang.

Saat ini proyek pembangunan Patimban sudah memasuki proses finalisasi, seperti pemasangan ramp on/ramp off dari jalan akses, penetapan alur pelayaran dan perairan pandu, pemilihan operator, dan sejumlah hal lainnya.

(Tim Red. ISL News/email:This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).

indonesiashippingline.com (ISL News), islnewstv.com, isl news tv, isl news interaktif adalah merk dagang milik dan diterbitkan oleh PT ISL Media Nasional sejak 2012 di Jakarta (@copyright)

Top Desktop version