indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

MNP Butuh Anggaran Rp 5 Triliun

MAKASSAR (Shipping Line News)- Pembangunan Makassar New Port (MNP) diyakini mampu menjadi solusi terhadap sektor transportasi dan logistik yang menghambat daya saing produksi terutama di Kawasan Timur Indonesia. Untuk itu perlu dibangun MNP yang diperkirakan menelan anggaran hingga Rp.5 triliun.

 

Direktur Utama Pelindo IV, Mulyono mengungkapkan, arus pertumbuhan barang di pelabuhan Makassar akan terus berkembang. Karena itu penyediaan infrastruktur, fasilitas dan peralatan baru menjadi hal mutlak.

"Total kebutuhan agar pelabuhan ini bisa bersaing dibutuhkan anggaran sampai Rp5 triliun. Baru safety bisa bersaing," kata dia seusai perayaan Hari Ulang Tahun PT Pelindo IV ke 21, Munggu (1/12/2013).
Menurutnya, setiap tahun pertumbuhan arus barang di terminal ini minimal 10 persen. Sepanjang tahun ini saja jumlah volume barang sudah mencapai 600.000 peti kemas.

Karena itu, sebagai langkah awal akan dilakukan pengerjaan dermaga baru bagian selatan dengan panjang 150 meter dan kedalaman hingga 14 meter. Penambahan ini diharapkan mampu meperbesar kapasitas peti kemas 150 ribu setahun.

"Untuk 2014 akan tersedia anggaran sebesar Rp 1 triliun. Tapi tidak semua diberikan kepada Makassar. Ada juga untuk pelabuhan seperti di Sorong dan Jaya Pura yang merupakan tanggung jawab Pelindo IV," ungkapnya.

Dengan perbaikan tersebut, kata Mulyono, diharapkan mampu menghemat cost yang selama ini dikeluarkan mitra Pelindo. Misalnya, penekanan waktu tunggu bongkar muat peti kemas di pelabuhan.(SLN).

 

 

 

indonesiashippingline.com (ISL News), islnewstv.com, isl news tv, isl news interaktif adalah merk dagang milik dan diterbitkan oleh PT ISL Media Nasional sejak 2012 di Jakarta (@copyright)

Top Desktop version