indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

Mengenal Lebih Dekat , PT Jasa Armada Indonesia atau IPC Marine Service

INDONESIA SHIPPING LINE.COM/ISL NEWS (Jakarta) PT Jasa Armada Indonesia (Baca :JAI) yang juga dikenal dengan nama IPC Marine Service adalah anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang bergerak di bidang layanan pemanduan & penundaan kapal; angkutan laut dan layanan maritime.

IPC Marine Service mulai beroperasi sejak tahun 1960 sebagai unit usaha Perusahaan Nasional (PN) Pelabuhan, layanan pemanduan & penundaan pada tahun 1992 diubah menjadi unit usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Persero).

Seiring dengan identitas baru yang diluncurkan manajemen PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) tahun 2012 sebagai dengan nama IPC (Indonesia Port Corporation), maka   bulan Juli 2013 unit usaha layanan pemanduan & penundaan dispin-off menjadi PT Jasa Armada Indonesia dengan nama dagang IPC Marine Service.

Sejak spin-off , IPC Marine Service melakukan investasi secara masif untuk perbaikan kualitas armada dan peningkatan kapasitas SDM sesuai standar internasional, dibawah sepervisi Thome Consulting, Singapore, Hasilnya, kualitas armada meningkat dari Grade 2.4 (48% dari skor tertinggi 100%) menjadi Grade 3.6 (72%).

IPC Marine Service melakukan optimasi secara revolusioner di bidang pemeliharaan, perbaikan, dan sistem pengandaan barang. Hal ini dilakukan melalui strong corporate governance. Dan peningkatan integritas SDM, guna memastikan kualitas layanan dengan standar tertinggi serta tingkat profitabilitas secara berkelanjutan. Perusahaan juga meningkatkan kualitas dan memasarkan layanan VVIP dengan standar Zero Waiting Time.

Hasilnya, market di luar PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) berkembang, dan pendapatan meningkat 60% di tahun pertama operasi penuh setelah spin-off.

Dengan pengalaman operasi selama 55 tahun, total armada 70 unit kapal, kinerja pemanduan & penundaan 52,000 kapal/tahun, melayani klien-klien ternama nasional dan asing, IPC Marine Service adalah perusahaan yang paling berpengalaman, paling besar, dan paling dapat diandalkan di Indonesia.

 

Layanan Pemanduan

Para pemandu yang memiliki pengetahuan lokal merupakan bagian dari kegiatan perkapalan selama berabad-abad untuk memandu kapal masuk dan keluar pelabuhan secara aman – atau dimana navigasi dianggap berbahaya – terutama ketika nakhoda kurang mengenal area tersebut.

Di samping pengetahuan dan keahlian lokal, pandu juga membantu kominikasi antara kapal dengan pelabuhan dan tug boat, yang umumnya menggunakan bahasa lokal”

-Asosiasi Pemandu Laut Internasional

Kegiatan pemanduan adalah salah satu kegiatan yang paling berisiko dalam operasional pelabuhan. Tindakan dan tanggung jawab pandu dan penyedia layanan pemanduan adalah sangat vital bagi kelangsungan kegiatan pelabuhan.

Para pandu dewasa ini bukan hanya bagian dari manajemen risiko, melainkan secara langsung berkontribusi atas keselamatan dan kelancaran kegiatan ekonomi.

 

Layanan Penundaan

Penundaan adalah bagian penting dalam lingkungan maritime, merupakan salah satu kegiatan terpenting maritime dimana pelabuhan tak dapat beroperasi tanpa tug boat dan sebagian besar kegiatan ekspor impor akan terhenti. Penundaan adalah kegiatan vital yang member keselamatan dan perlindungan lingkungan bagi pelabuhan dan pantai.

Kapal-kapal besar umumnya memerlukan bantuan tug untuk bermanuver menuju dan dari dermaga. Kebutuhan bantuan tug meningkat seiring besarnya kapal, kompleksitas perairan dan fasilitas doking, serta kondisi cuaca. Layanan pemanduan terdiri dari beberapa tug boat yang mendorong dan/atau menarik untuk menahan pergerakan dan/atau posisi kapal.

Pemanduan mulanya digunakan untuk memandu kapal-kapal laut di pelabuhan. Namun kemudian berkembang untuk pemanduan kegiatan ship-to-ship da lepas pantai, pemadaman kebakaran, salvage, dan lain-lain. (ISL NEWS Jakarta).

indonesiashippingline.com (ISL News), islnewstv.com, isl news tv, isl news interaktif adalah merk dagang milik dan diterbitkan oleh PT ISL Media Nasional sejak 2012 di Jakarta (@copyright)

Top Desktop version