indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

ASDEKI : Beberapa Faktor yg perlu dukungan dari pemerintah

INDONESIA SHIPPING LINE.COMISL NEWS (Jakarta)- Asosiasi Depo Kontener Indonesia (ASDEKI) menilai sebagai bagian dari upaya memulihkan kelesuan ekonomi pelabuhan nasional saat ini, ada sejumlah faktor yang perlu segera mendapat dukungan pemerintah.

“Faktor  pertama, pembangunan Jalan Toll dari Daerah Cakung menuju Pelabuhan Tanjung Priok mendesak segera diselesaikan, sejalan dengan pengoperasian Pelabuhan Kalibaru  (NPCT1) saat ini,” ungkap H. Muslan AR. Ketua Umum ASDEKI, belum lama ini.

Kedua, lanjutnya, Pemerintah bersama ASDEKI diminta untuk segera menata Ulang terhadap Peninjauan kembali Hal Perijinan/Pemutihan dengan adanya ketentuan pendirian usaha depo container yang diselaraskan dengan KM 47. Demi terciptanya kelancaran Operasional yang lebih baik dan Keamanan Lingkungan dalam menjaga GREEN Development.

“Kami menghimbau kepada seluruh pengusaha Depo container yang belum menjadi anggota ASDEKI Untuk mendaftar menjadi anggota ASDEKI. Hal tersebut sesuai dengan KEPUTUSAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR :KP 705 Tahun 2014. Tentang ASOSIASI DEPO KONAINER INDONESIA ( ASDEKI ) Tanggal 11 Agustus 2014,” ungkapnya.

Kemudian factor ketiga, mendata dan menata suluruh container yg masuk ke Indonesia agar dapat didetexi keberadaannya dan asal usulnya. Sebab banyak fungsi container yang tidak dipergunakan sebagai mestinya.

“Pemerintah sebaiknya harus mengetahui Jumlah container yang dimiliki oleh pemilik Asing ( Perusahaan pelayaran dan Perusahaan Leasing Container ) Maupun Pengusaha Nasional. Khususnya terhadap seluruh container yang pernah masuk ke Indonesia, ini harus terdaftar dan akan diketahui bahwa container tersebut kembali keluar  dari Indonesia atau tidak,” tuturnya.

Kemudian Tambah H. Muslan, pemerintah juga harus segera membuat peraturan baru mengenai tata cara pemakaian container antar perusahaan pelayaran ( yang saat ini sering disebut dengan Free Use )

“Sehingga Fungsi container sebagai tempat untuk mengisi barang dapat maximal artinya setiap lalau lintas container khusunya melalui laut dan darat ini diisi barang, sehingga hal tersebut berdampak langsung dapat menurunkan biaya logistics,” imbuhnya.

(Saiful Anam/ISL News 001 Jakarta).

indonesiashippingline.com (ISL News), islnewstv.com, isl news tv, isl news interaktif adalah merk dagang milik dan diterbitkan oleh PT ISL Media Nasional sejak 2012 di Jakarta (@copyright)

Top Desktop version