indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

TKBM Minta Upah Naik 17,49%, APBMI DKI Setuju 8,45%

ISL NEWS (Jakarta) – Seperti diketaui setiap tahun Upah Minimum Provinsi (UMP) FDKI selalu naik pada kisaran 10 % atau olebih. Ketentuan ini ternyata juga berpengaruh pada kenaikan Upah yang diterima para TKBM atau Tenaga kerja Bongkar Muat) di lingkup Pelabuhan Tanjung Priok.

Melalui Koperasi TKBM, berdasar ketentuan UMP DKI Tahun 2020, diusulkan kenaikan Upah TKBM di Priok sebesar 17,49 %, kepada para Pengusaha PBM (Perusahaan bongkar Muat) yang selama ini menggunakan jasa TKBM.

Cukup alot kabarnya negoisasi dan pembahasannya, terkait usulan kenaikan upah TKBM sebesar 17, 49 % itu, dan pada Rabu kemarin (8 Januari 2020, para Pengusaha PBM Priok yang tergabung dalam wadah APBMI (DKI)  atau Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia kepengurusan wilayah DKI Jakarta, akhirnya sepakat menyetuji hanya menaikkan upah TKBM Tanjung Priok sebesar 8,45 %.

Persetujuan para pengusaha PBM DKI itu mungkin saja diseimbangkan dengan situasi dan kondisi volume bongkar muat di Pelabuhan Priok, sehingga tidak bisa memenuhi usulan kenaikan Upah TKBM sebesar 17,49 % sesuai UMP. Meski kemudian, soal realitas berapa besar volume bongkar muat di Pelabuhan Priok itu (yang ditangani PBM), ya para PBM lah yang tahu angka sebenarnya.

Dan dari informasi yang berkembang dipublik, konon katanya Wakil ketua Koperasi TKBM, Suparmin, merasa senang dengan kerputusan APBMI DKI yang hanya mengabulkan kenaikan upah sebesar itu (8,45 %).

Atas keputusan DPW APMI DKI itu, dalam waktu dekat mungkin akan segera diajukan kepada Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, untuk disahkan pemberlakuannya, yang disepakati mulai berlaku Bulan Maret 2020 hingga 31 Desember 2020.

Pertanyaan ikemudian, bagaimana dengan sikap para anggota Koperasi TKBM, apakah ‘senang’ dengan kenaikan hanya sebesar 8,45 % ?  Artinya tidak sesuai ketentuan UMP DKI, yang hitung-hitungannya (seharusnya) kenaikan Upah TKBM untuk 2020 sebesar 17,49 %. Semoga saja. (Redaksi ISL News).  

 

@ PT ISL Media Nasional (ISL NEWS) Sejak Tahun 2012

Top Desktop version