indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

Semua Harus Terlayani

JAKARTA (Shipping Line News) - Meski sudah eksis sejak beberapa tahun lalu, dengan puluhan anggota pengusaha depo peikemas yang tersebar di sejumlah daerah, namun keberadaan Asosiasi Depo Kontener Indonesia (ASDEKI) konon hingga kini belum mendapat pengakuan dari pemerintah, cq. Kementerian Perhubungan.

Padahal selama puluhan tahun itu,para anggota Asdeki itu telah membantu kelancaran arus barang dari dan kepelabuhan dan usaha pelayaran dalam dan luar negeri, dalam hal penitipan dan perawatan kontener.

Seiring itu juga, puluhan anggota Asdeki itu juga telah menjalankan usahanya sudah sesuai, dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI No.KM 47 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Depo Petikemas.

Dan upaya memperjuangkan legitimasi Asdeki itu nampaknya akan menjadi agenda pokok kepengurusan Asdeki periode 2013-2017.

Bagaimana agenda itu berikut petikan wawancara Shipping Lie News, dengan H Sungkono Ali (HSA) belum lama ini :
 

SLN : Hngga kini Asdeki belum mendapat pengakuan secara yuridis formil dari pemerintah, bisa dijelaskan posisi saat ini ?

HSA  : Bagi ASDEKI hal tersebut (pengakuan pemerintah) tetap diperjuangkan hingga sekarang, setelah Munas Ke-II kemarin, meski secara defacto Rakernas tahun 2009, Rapimnas tahun 2010 dihadiri dan dibuka oleh pejabat dari Kementerian Perhubungan, demikian juga pada kegiatan lainnya : Seminar, Workshop, In House Training justru para pejabat pemerintah tingkat Kementerian, Provinsi bertindak sebagai nara sumber.  Hal tsb dapat diartikan walaupun secara resminya belum ada pengakuan berupa SK Menteri Perhubungan namun secara tidak langsung sebenarnya pemerintah telah mengakui Asdeki, jadi hanya masalah tehnis administrasi sebagai Legalitas-nya saja yang belum.

 

SIN :Bila dilihat dari jumlah anggota, berapa sebenarnya saat ini ?

HSA : Sampai saat ini ASDEKI memiliki 8 (delapan) DPW dengan anggota 86 perusahaan di seluruh Pelabuhan Indonesia yang terdapat kegiatan container seperti disebutkan di atas. Anggota ASDEKI tsb diatas menjalankan usahanya sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI No. KM 47 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Depo Petikemas, mengacu dari pasal-pasal dalam ketentuan Permenhub tsb ASDEKI sebagai Asosiasi telah memenuhi syarat standar yang selayaknya diakui pemerintah : memiliki anggota, memiliki Wilayah di seluruh Indonesia, terdaftar sebagai anggota luar biasa KADIN Indonesia.  (Selengkapnya terkait DPW Asdeki, lihat Tabel ).

 

SLN : Mungkin upaya pengakuan dari pemerintah ini, akan menjadi pokok pengurus DPP ASDEKI periode 2013-2017 ?

HSA : Kemungkinan demikian, kita tunggu saja action para pengurus DPP. Kita harapkan akhir tahun ini atau tahun depan ada upaya yang lebih baik lagi. Dan satu cacatan penting kita sampaikan kepada pemerintah pusat (Kemenhub) maupun daerah (Dishub)Prov. DKI, bahwa semua harus terlayani, karena semua pelaku usaha yang punya hak yang sam,a dalam melalukan usaha di negeri ini. (Dedy).

 

Tulisan di Boks terkait Rubrik  Interview :

 DAFTAR DPW ASDEKI

No.  DPW   Perusahaan   Troughput   NamaPenaggung-jawab                                                                             

1          Sumatera Utara, Belawan        15               500.000 Teusthn             Khairul Mahalli

2          Kep. Riau, Batam                     3              300.000 Teus                       Ir. Onward S

3          Lapmpung, Panjang                3                350.000 Teus                       Ari Teguh

4          DKI Jakarta, Tanjung Priok      21               5.000.000 Teus             Ir. Edy Julianto

5          Jawa Tengah, Semarang       8                600.000 Teus                  Suhermanto, SE

6          Jawa Timur, Surabaya    28                    2.000.000 Teus                  Drs. Kadirun K,

7          Sulawesi Selatan, Makassar  5               400.000 Teus                    DR. Hamka, SH,

8          Kalimantan Timur, Balikpapan  3           150.000 Teus                Faisal Tola, ST, SH

            JUMLAH                                      86                9.250.000 Teus

                                                             

           

 

 

 

@ PT ISL Media Nasional (ISL NEWS) Sejak Tahun 2012

Top Desktop version