indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

Pelido IV Peringati Hari Bela Negara, Kibarkan Sang Saka Merah Putih

ISL NEWS (Makassar) -  Kamis pekan lalu (19 Desember 2019) PT pelabuhan Indonesia atau pelindo IV (Persero) menyelenggarakan Upacara Bela Negara berlangsung di area parkir Terminal Petikemas Makassar (TPM).

Seperti diketahui Hari Bela Negara atau HBN adalah hari dimana para pahlawan dan pejuang mempertaruhkan nyawanya demi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Generasi milenial harus tahu sejarah Hari Bela Negara.

HBN adalah hari bersejarah Indonesia yang jatuh pada tanggal 19 Desember untuk memeringati Deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Padang, Sumatera Barat pada 19 Desember 1948.

Pada saat itu, Presiden RI Soekarno memberikan mandat penuh kepada Sjafruddin Prawiranegara untuk menjalankan pemerintahan dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Padang, Sumatera Barat. Hal ini demi menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia.

Sejak itu, setiap tanggal 19 Desember diperingati sebagai Hari Bela Negara. Tahun ini merupakan Hari Bela Negara ke-71.

Keputusan itu diperkuat dengan disahkannya Hari Bela Negara melalui Keppres No 28 Tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penetapan tanggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara dipilih untuk mengenang peristiwa sejarah pada 19 Desember 1948 saat Belanda melancarkan Agresi Militer ke II dengan mengumumkan tidak adanya lagi Negara Indonesia. (K. Prastowo/Red. ISL News).

@ PT ISL Media Nasional (ISL NEWS) Sejak Tahun 2012

Top Desktop version