indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

Para PENGUSAHA Sektor Pengerukan Bentuk ASOSIASI bernama AKPRINDO

ISL NEWS (Jakarta) - Para pengusaha sektor pengerukan dan reklamasi belum lama ini melakukan sosialisasi asosiasi yang sudah dibentuk dengan Asosiasi Kontraktor Pengerukan dan Reklamasi  Indonesia (AKPRINDO) atau Indonesia Dredging and Reclamation Association (IDRA).

Sosialisasi itu digelar setelah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI dan didaftarkan di Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Selain menyosialisasikan didepan 104 anggotanya  maupun pada  pengurus KADIN (Kamar Dagang dan Industri)  dilakukan juga pengukuhan pengurus. 

Ketua Umum IDRA Erick Limin  dalam kesempatan pengukuhan mengatakan asosiasi ini dibentuk sebagai wadah komunikasi guna memudahkan koordinasi di antara perusahaan kontraktor pengerukan dan reklamasi. Pasalnya sektor bisnis ini tak luput dari berbagai tantangan yang dihadapi, mulai dari adanya regulasi yang menghambat, persaingan yang kurang sehat karena dominasi perusahaan milik negara hingga ganjalan yang sering dihadapi seperti isu lingkungan.

"Para pendiri IDRA mengamanatkan bahwa keberadaan IDRA sebagai wadah dan wahana pembinaan, komunikasi, konsultasi dan advokasi antara para pelaku usaha sektor jasa pengerukan dan reklamasi di Indonesia, dalam upaya mewujudkan usaha jasa  pengerukan dan reklamasi Indonesia yang kuat dan berdaya saing tinggi dengan memadukan secara seimbang keterkaitan antar skala usaha dalam dimensi tertib hukum dan etika bisnis," kata Erick Limin di Menara Kadin Indonesia, belum lama ini.

Selain itu, kata Erickk, terbentuknya asosiasi ini juga untuk mengembangkan keunggulan nyata sumber daya nasional yang mendorong iklim berusaha menjadi lebih kondusif dengan memadukan secara seimbang keterkaitan pelaku usaha nasional dan global dalam sektor pengerukan dan reklamasi di Indonesia.

"Dengan adanya IDRA, kami berharap dapat menjadi mitra strategis bagi seluruh pemangku kepentingan, baik internal IDRA yakni para anggota maupun para pemangku kepentingan dalam hal ini kementerian  terkait kegiatan pengerukan dan reklamasi di seluruh Indonesia," harap Erick.

Sebagai wadah pengusaha, tambah Erick, IDRA juga bisa menjadi mitra dalam sosialisasi kebijakan baru sektor pengerukan dan reklamasi.

“Demikian pula dalam menfasilitasi kerjasama antara para pemangku kepentingan maupun dalam mengkoordinasikan program dan proyek yang menjadi target bersama,” Imbuh Erick. (* Redaksi ISL News).

Copyright@ 2012-2019 Indonesia Shipping Line [ISL.COM/ISL News] All Right Reserverd

Top Desktop version