indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

Bina Lingkungan, Pelindo IIIKucurkan Rp9,4 Miliar

Surabaya-(Shipping Line News)- PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III), selama tahun 2013 ini telah menyalurkan dana hibah bina lingkungan sebesar Rp 9,4 miliar.

 

Hal itu diungkapkan Direktur Keuangan Pelindo III Wahyu Suparyono saat penyaluran dana hibah bina lingkungan tahap ketiga untuk Provinsi Jawa Timur, Sabtu (21/12).  Menurutnya, dana itu terbagi secara merata di seluruh wilayah kerja Pelindo III di tujuh propinsi di Indonesia.

“Realisasi penyaluran tahun ini hanya tercapai Rp9,4 miliar dari anggaran kami Rp15 miliar,” kata Wahyu.  Itu terjadi, karena tidak semua proposal permohonan yang masuk ke Pelindo III diberikan bantuan.  Mekanisme seleksi disertai dengan survey lokasi untuk mengetahui benar tidaknya keberadaan objek bantuan, menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah dana hibah bina lingkungan yang disalurkan.

Secara rinci, dana hibah bina lingkungan Pelindo III yang disalurkan di tujuh provinsi terdiri dari Jawa Timur sebesar Rp5,2 miliar, Jawa Tengah Rp1,75 miliar, Bali Rp205 juta, Kalimantan Tengah Rp196 juta, Kalimantan Selatan Rp647 juta, Nusa Tenggara barat Rp573 juta, Nusa Tenggara Timur Rp378 juta.

Sementara itu, Senior Manager Bina Lingkungan Soegeng Hariyanto mengatakan penyaluran dana bina lingkungan tahap ketiga Provinsi Jawa Timur diperuntukkan bagi 17 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.  Jumlah dana yang disalurkan sebesar Rp953 juta dengan total jumlah objek bantuan mencapai 80 objek.  Delapan puluh objek itu terdiri dari 35 objek pendidikan, 44 objek tempat ibadah, serta 1 objek sarana dan prasarana umum.

“Jumlah dana hibah bina lingkungan Pelindo III sebesar Rp9,4 miliar itu sudah termasuk dana hibah bina lingkungan tahap ketiga Provinsi Jawa Timur yang kami salurkan pada hari ini sebesar Rp953 juta,” terangnya.

Selama enam tahun terakhir (2008-2013), Pelindo III telah menyalurkan dana bina lingkungan senilai Rp57,3 miliar di tujuh propinsi di Indonesia yang menjadi wilayah kerjanya.  Dana itu diperuntukkan bagi korban bencana alam, pendidikan dan pelatihan, peningkatan kesehatan, sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam, dan ketahanan pangan.

Dana bina lingkungan yang disalurkan Pelindo III merupakan bagian dari keuntungan perusahaan setelah pajak.  Setiap tahunnya, Pelindo III menyisihkan 2% keuntungan perusahaan untuk bina lingkungan dan 2% untuk kemitraan. (SLN).

 

 

 

@ PT ISL Media Nasional (ISL NEWS) Sejak Tahun 2012

Top Desktop version