indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

KSOP Kelas IV Marunda Uji Coba Layanan Buku Pelaut Online

ISL NEWS (Jakarta Utara) – Dalam rangka terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa, dalam hal ini para pelaut domestik maupun international, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Marunda saat ini sedang uji coba layanan pendaftaran dan perpanjangan Buku Pelaut secara Online.

Menurut Kepala KSOP Kelas IV Marunda, Iwan Sumatri, layanan secara online untuk pendaftaran dan perpanjangan Buku Pelaut sebagai bagian dari komitmen pelayanan Kementerian Perhubungan (Cq. Ditjen Perhubungan Laut), khusunya melalui KSOP Kelas IV Marunda kepada para pelaut.

“Dengan pendaftaran dan perpanjangan Buku Pelaut secara online, akan mempermudah, mempercepat dan tentunya akan sangat membantu para pelaut, lebih efisien dari sisi waktu,” ujar Iwan Sumantri, yang diwawancara ISL News di kantornya, Kamis siang ini .

Dikatakan, sebagaimana informasi dari Ditjen Hubla sebelumnya, bahwa sejak adanya ketentuan perpanjangan dan pendaftaran Buku Pelaut secara online, maka para pelaut dapat melakukannya di Kantor Syahbandar terdekat. “Misalnya saja pelaut yang berlayar  dari pelabuhan muat menuju pelabuhan tujuan di Pelabuhan Marunda, dan kebetulan Buku pelaut-nya sudah habis masa berlakunya, maka dapat langsung diperpanjang di KSOP Marunda (Kantor Syahbandar atau KSOP yang sudah mendapat pelimpahan kewenangan dari Ditjen Perhubungan Laut-red),” jelas Iwan Sumatri.

 

Maret Berlaku Penuh

Untuk masa waktu uji coba layanan Buku Pelaut secara online, lanujut Iwan Sumatri, direncanakan sampai akhir Bulan Februari 2020. “Bulan depan (Maret 2020) layanan Buku Pelaut secara Online sudah bisa diterapkan secara penuh di KSOP Kelas IV Marunda,” ungkap Iwan Sumatri.

Layanan penuh itu, tambah Iwan, sehubungan kesiapan dari perangkat, jaringan,  SDM, maupun skill (Operator dan Supervisor-red) untuk pelayanan perpanjangan maupun pendaftaran Buku Pelaut Online. “Kami berharap semua akan berjalan lancar, untuk memberikan kemudahan bagi para pelaut,” imbuh Iwan.

(Redaksi ISL News/email:This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).      

@ PT ISL Media Nasional (ISL NEWS) Sejak Tahun 2012

Top Desktop version