indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

Galangan Kapal Nasional yang aktif hanya +/- 100 -san dari 200 – san Pengusaha

ISL NEWS – Jakarta – Masih minimnya keberlangsungan proyek pemesanan bangun kapal baru di dalam negeri menjadikan hanya kurang leih 100 pengusaha galangan kapal nasional yang aktif saat ini dari sekitar 200 pengusaha galangan kapal  nasional.

“Ini artinya perlu kontinuitas pembangunan kapal baru itu yang diperlukan, para pengusaha galangan kapal nasional saat ini," ungkap Askan Naim, Sekjen Iperindo, baru-baru ini.

Demikian juga dengan  harapan para pelaku industri komponen kapal dalam negeri. Menurut Askan para pelaku bisnis komponen kapal tersebut juga hingga saat ini terbentur nilai keenomian dari produk yang dihasilkan.

"Mereka berhitung bahwa daya serap atas hasil produksi komponen kapal dalam negeri sangat minim, karena tidak ada keberlangsungan proyek pembangunan kapal baru di dalam negeri, sehingga industri komponen kapal yang diharapkan tumbuh juga sulit, sebab untuk produksi komponen kapal pasti akan berhitung siapa yang akan menyerap hasil produksinya,” ungkap Askan Naim.

Lemahnya tren pemesanan kapal sendiri lantaran masih maraknya pengusaha pelayaran yang melakukan impor kapal dari luar. (Red ISL).

@ PT ISL Media Nasional (ISL NEWS) Sejak Tahun 2012

Top Desktop version