indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

Rizal Ariansyah, Dir SDM & Hukum : IPC Menuju World Class Por

PROGRAM Direktorat SDM di Tahun ini 2018 (Fase Establishmen) :

 

  1. Merestrukturisasi fungsi Corporate University (Corpu) dan membedakannya dengan fungsi PT PMLI direksi sepakat untuk membuat PT.PLM fokus pada training-training sertifikasi untuk  lembaga eksternal, sedangkan untuk fungsi Corpu sendiri akan menjadi bagian dari IPC dan dipersiapkan pula divisi yang menjalankan fungsi tersebut. Fungsi Corpu ini nantinya akan menyiapkan kurikulum-kurikulum untuk pengembangan internal IPC dan menjalankan program learning dan teaching. Level manajerial akan menjadi pengajar yang memberikan pelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang telah dibuat oleh masing-masing direktorat untuk kemudian disampaikan kepada level staf. Dengan adanya kesempatan kepada manajerial ntuk mengajar,maka akan terjadi personal improvement sehingga kedepan talent pool IPC sendiri akan meningkat kualitasnya. Dengan penerapan kurikulum seperti ini, maka direction yang disampaikan dari atas ke bawah tetap sama dan lebih terstruktur karena Direktur Utama akan bertindak sebagai rektornya dan Direktur bidang sebagai Dekan bagi kurikulum masing-masing sebagai penyusunan kurikulum akan sesuai dengan kebutuhan diperusahaan. Seluruh karyawan IPC akan mendapatkan training yang terarah dan sesuai kebutuhan perusahaan. Saat ini Direktorat SDM bekerja sama dengan PLMI sedang melakukan penyusunan kurikulum yang ditargetkan selesai pada tahun 2018`ini sehingga diharapkan seluruh karyawan IPC dapat mengetahui kurikulum training-nya masing-masing .
  2. Dalam hal meningkatkan kedisiplinan pekerja dimana sesuai dengan corporate value yaitu integrity, maka tahun depan rencananya juga akan dilakukan penambahan fungsi pada bukti kehadiran untukkemuda menjadi hal utama dalam mencapai  key performance indicator (KPI) individu dan atasannya dalam hal mengopimalkan fungsi finger print yang terintegrasi dengan e-office dan penilaian performansi bulanan (P2B) sehingga kedepan rencana kerja manajemen (RKM) bukan satu-satunya ukuran kinerja Direktorat.RKM kedepan akan berbasis kepada KPI sehingga kinerja per Direktorat dapat terukur dan objektif.
  3. Penyusunan beberapa kegiatan SDM lanjutan dari program ditahun 2017 akan diselesaikan di tahun 2018 ini termasuk memastikan integrasi system SDM sudah dapat diaplikasikan dengan berbasis IT. Sehingga penerapan kebijakan SDM terkait dengan jenjang karir, pengembangan SDM dan talent pool akan dapat dilaksanakan secara konsisten dan integrated. Yang penting dalam implementasi kebijakan SDM adalan konsistensi dalam mengeksekusi kebijakan-kebijakan tersebut secara objektif dan berorientasi pada kepentingan perusahaan. Tentunya dinamika kebijakan tersebut akan terus dipantau dan direview secara kesinambungan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan perkembangan best practice SDM. Di samping kebijakan-kebijakan tersebut, peran penting bagi setiap kaeyawan untuk turut serta mengimplementasikan budaya CINTA dalam setiap aktivitas keseharian akan sangat membantu akselerasi internalisasi budaya CINTA dan pencapaian target-target perusahaan.

(* Tim ISL.Com)

@ PT ISL Media Nasional (ISL NEWS) Sejak Tahun 2012

Top Desktop version