indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

IPC/PT Pelindo II Dukung Ekspor Nasional dengan Digital Port System

ISL-TANJUNG PRIOK JAKARTA  – Dalam rangka mendukung peningkatan kinerja ekspor nasional saat ini IPC atau PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) terus mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi atau IT muloai dari Vessel Traffic System (VTS), Marine Operating System (MOS), peti kemas dan non peti kemas terminal operation system, aplikasi Auto Tally, Auto Gate dan E-Service.

Hal itu  dikemukakan Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha IPC Pusat Saptono R Irianto dalam acara Forum Ekspor 500 Persen yang diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) bertemoat di Lt. 7  kantor usat  Pelindo II, baru-baru ini.

“Kongritnya, dalam rangka mendukung kineruja ekspor nasional, kita siapkan Digitalisasi Pelabuhan  (Port Digital) yang diyakini akan sangat membantu meningkatkan kinerja operasional dan pelayanan. Seperti tahun lalu, misalnya, keseluruhan arus barang mencapai 57 juta ton lebih, atau melampaui target sebesar 5,56 persen. Arus peti kemas mengalami kenaikan 0,8 persen dari target yang sebesar 5.144.240 box,” ungkapnya.

Dari sisi dwelling time, kami berhasil menurunkannya menjadi di bawah 3 hari. Upaya untuk menekan dwelling time ini dilakukan dengan penerapan Integrated Container Freight Station (CFS) di Pelabuhan Tanjung Priok. 

“Saat ini IPC sudah mampu memfasilitasi persinggahan kapal kontainer berkapasitas besar. Sejak tahun 2017 Pelabuhan Tanjung Priok - Jakarta  telah melayani kapal container berkapasitas 10 ribu TEUs untuk rute direct call. Kapal kontainer ukuran besar ini berlayar rutin setiap minggu dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Los Angeles dan Oakland, Amerika Serikat,” ungkap Saptono. (Tim ISL).

 

@ PT ISL Media Nasional (ISL NEWS) Sejak Tahun 2012

Top Desktop version