indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

THC Pernah Diturunkan Paksa

Dari catatan Redaksi Shipping Line News (SLN), kebijakan THC (Terminal Handling Charger) yang kini menjadi perebatan sekaligus sorotan banyak pihak belakangan ini, ternyata pernah diturunkan oleh pemerintah pada 1 November 2005 lalu, melalui Surat Menteri Perhubungan  No. 302/1/14/th 2005 tentang penurunan biaya THC.

 

Meski demikian, penurunan THC waktu itu konon katanya tak berdampak pada pihak mana dan sektor apa pun. Pelaku usaha seperti freight forwarding, importir-eksportir, mengaku tidak pernah memperoleh nilai tambah dari kebijakan penurunan THC tersebut.

Yang terjadi malah sebaliknya, banyak kalangan industri dalam negeri yang dirugikan, termasuk negara  telah kehilangan pendapatan dari container handling charger (CHC) yang diterimanya melalui terminal operator petikemas hingga triliunan rupiah per tahun dengan asumsi jika arus kontener secara nasional  bertotal 5 juta TEUs atau 3,3 juta box (ukuran 20 dan 40 feet) dikalikan US $ 23 (20 fee) atau US $ 105 (40 feet).

Seperti diketahui biaya THC ukuran 20 feet sebelum kebijakan penurunan dikenakan US $ 150 dan US $ 240 untuk 40  feet.

Setelah diturunkan, THC menjadi US $ 95 ukuran 20 feet dengan perhitungan US $ 70 untuk biaya CHC, sisanya US $ 25 untuk surcharge. Sedangkan kontener 40 feet dari US $ 249 menjadi US $ 150 dengan rincian US $ 105 untuk CHC dan US $ 45 untuk surcharge.

Namun realitasnya meski pemerintah telah menurunkan THC per 1 november 2005 itu, dua tahun kemudian (2007), tidak juga  ada perubahan biaya logistik pelabuhan. Bahkan yang terjadi pelayaran asing tetap memberlakukan tarif lama dalam setiap tagihannya.

Sebagai contoh, untuk kontener 20 feet tagihan bisa mencapai US $ 150 lebih. Dari tagihan tersebut, sebelum THC turun, CHC yang disetorkan ke Negara melalui operator terminal petikemas sebesar US $ 93, setelah turun hanya menerima US $ 70. Jadi US $ 23 yang tadinya menjadi devisia Negara tak jelas ‘rimbanya’ ?.

Dari pengalaman sejarah ini, mungkin menjadi bahan kajian yang bisa dikaitkan dengan rencana pemeirntah menaikkan THC saat ini.  Dengan kata lain kalau THC diturunkan tak membawa dampak apapun, mungkin ketika dinaikkan THC memberi keuntungan, entah pihak yang manakah ? hanya tuhan yang tahu.  (***).

 

*** Penulis : Wartawan Shipping Line News

 

 

Copyright@ 2012-2019 Indonesia Shipping Line [ISL.COM/ISL News] All Right Reserverd

Top Desktop version