indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

TPKS Siap Hadapi MEA Berikan Pelatihan 3 Bahasa untuk Karyawannya

INDONESIA SHIPPING LINE.COM /ISL NEWS (Semarang) – Sejak beberapa bulan belakangan manajemen Terminal Petikemas Semarang (TPKS) dikabatkan telah memberikan pelatihan 3 bahasa asing kepada karyawannya.

Hal itu dilakukan seiring dengan semakin cepatnya laju globalisasi, sehingga karyawan TPKS dituntut mampu berlari beriringan dengan dunia yang semakin modern. Batas – batas antarnegara sudah tidak lagi menjadi suatu masalah dalam menjalin kerja sama.

Arus modal dan manusia semakin mudah untuk berpindah dari satu negara ke negara lain. Hal inilah yang disadari oleh manajamen TPKS dengan memberikan pelatihan tiga bahasa asing untuk karyawannya di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS).

Program pelatihan tiga bahasa asing tersebut di antaranya Bahasa Inggris, Mandarin, dan Korea yang diikuti oleh 50 orang karyawan.

Dengan rincian 10 orang mengikuti pelatihan bahasa Korea dan 10 orang mengikuti pelatihan bahasa Mandarin.

Sementara itu, 30 orang sisanya yang sebagian besar merupakan dari tenaga operator mengikuti pelatihan bahasa Inggris. “Kita semua harus mengikuti laju perkembangan zaman,”ungkap Manager SDM dan Umum TPKS J Wisnu Broto saat membuka program pelatihan tersebut.

Dia juga menambahkan bahwa adanya program pelatihan bahasa bagi para pegawai ini dinilai sangat penting karena merupakan investasi di bidang SDM,

“Jadi, saya berharap kita semua dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan diri masing - masing” imbuhnya.

Setelah dibuka secara resmi, ke 50 peserta tersebut kemudian dibagi berdasarkan bahasa yang akan dipelajari. Untuk Bahasa Korea dan Mandarin langsung dilakukan pembelajaran pada hari yang sama.

Untuk Bahasa Korea dilakukan pemutaran beberapa video pendek dari cuplikan Drama Korea, hal ini ditujukan untuk membiasakan pendengaran para peserta dengan beberapa kosa kata Bahasa Korea.

Sementara di kelas Bahasa Mandarin langsung dicoba berlatih pengucapan alfabet mandarin serta beberapa kalimat sapaan dalam bahasa Mandarin yang umum digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Berbeda halnya dengan pelatihan Bahasa Inggris karena beberapa peserta dalam program ini telah mengikuti pelatihan Bahasa Inggris sebelumnya, maka untuk mengetahui tingkat pemahamannya dilakukan placement test berupa writing test dan speaking test terlebih dahulu.

Nantinya ke-50 peserta pelatihan bahasa ini akan mengikuti program dalam waktu yang telah ditentukan. Untuk bahasa inggris akan dilakukan selama 3 bulan. Sementara untuk Bahasa Mandarin dan Korea selama 4 bulan. Disamping pengembangan diri dan investasi dalam bidang SDM, pelatihan bahasa asing ini juga sangat penting apabila dilihat dari kerjasama dan pelanggan Pelindo III. Karena kerjasama yang terjalin serta pelanggan tidak hanya berasal dari dalam negeri ataupun dari negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris, untuk itu perlu adanya pelatihan ini guna menangkap keinginan para pelanggan sehingga mampu memberikan pelayanan yang lebih memuaskan.

“Dengan ini saya berharap pelayanan kita bisa menjadi lebih baik dan membawa kepuasan bagi setiap customer”, ungkap General Manager TPKS Erry Akbar Panggabean. (Saiful Anam/ISL NEWS Jakarta/email:This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).

@ PT ISL Media Nasional (ISL NEWS) Sejak Tahun 2012

Top Desktop version