indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

PT Pelindo 1 Dikunjungi WANTIMPRES

INDONESIA SHIPPING LINE.COM/ISL NEWS (Medan)-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menerima kunjungan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Prof Sri Adingsih bersama rombongan pada tanggal 21 – 22 Juli 2016.  Kedatangan rombongan disambut oleh Direktur Bisnis Pelindo 1, Syahputera Sembiring di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan.

Kunjungan ini dalam rangka untuk memperoleh gambaran secara langsung tentang perkembangan maupun kendala-kendala yang dihadapi Pelindo 1,  berkaitan dengan pembangunan maritim, khususnya di Sumatera Utara serta juga solusi agar Program Tol Laut yang digagas oleh pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim benar-benar dapat terwujud.  Turut hadir pada kesempatan ini para General Manager di lingkungan Pelabuhan Belawan dan staf terkait.

Dalam paparannya, Syahputera Sembiring menjelaskan tentang pembenahan dan kondisi eksisting pelabuhan-pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo 1 saat ini. “Salah satu pembenahan yang telah dilakukan oleh Pelindo 1 adalah Terminal Penumpang Bandar Deli, dimana terminal penumpang ini hadir dengan pelayanan dan konsep yang modern layaknya seperti bandara dan sudah dilengkapi dengan fasilitas garbarata, jembatan penyeberangan, automatic gate dan fasilitas lainnya,” jelas Syahputera.

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan, Pelindo 1 juga sedang membangun Car Terminal dan Cold Storage untuk meraih pangsa pasar di bisnis Terminal Holtikultura di Pelabuhan Belawan. Pelindo 1 juga sudah menyediakan fasilitas Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) dan Tempat Penimbunan Sementara (TPS) online pertama di luar Pulau Jawa yang dapat dioptimalkan  untuk menunjang kegiatan pemeriksaan fisik bea cukai dan karantina dengan mekanisme pemeriksaan  secara bersama-sama (join inspection).

Ketua Wantimpres Prof Adiningsih beserta rombongan juga berkesempatan untuk meninjau dan melihat secara langsung fasilitas Terminal Penumpang Bandar Deli milik Pelindo 1. Beliau mengapreasiasi pembenahan dan penataan terminal penumpang yang telah dilakukan oleh Pelindo 1. “Penataan ini merupakan langkah positif dan harus terus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan para pengguna jasa kepelabuhanan,” ujar Prof Adiningsih.

Selain mengunjungi Pelabuhan Belawan, Ketua Watimpres beserta rombongan juga mengunjungi Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara. Pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung ini merupakan project strategis nasional yang sejalan dengan program pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia melalui program tol laut.

Ketua Watimpres mengapresiasi progress pembangunan fisik terminal multi purpose Pelabuhan Kuala Tanjung yang telah mencapai 52%. “Progress ini relatif cepat sejak peletakan batu pertama (groundbreaking) pada 27 Januari 2015, yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo,” pungkas Adiningsih.

(Saman/ISL NEWS/email:This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).

@ PT ISL Media Nasional (ISL NEWS) Sejak Tahun 2012

Top Desktop version