indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

PORT OF TANJUNG INTAN Salurkan Dana Kemitraan Rp. 250 Juta

INDONESIA SHIPPING LINE.COM (CILACAP) – Pelabuhan Tanjung Intan, Kamis (21/6) kembali menyalurkan dana kemitraan tahap I tahun 2016 sejumlah Rp. 250 juta disertai pelatihan kewirausahaan dan manajemen usaha para calon binaannya.

Pelatihan kewirausahaan dan manajemen usaha bagi mitra binaan Pelabuhan Tanjung Intan, kerjasama dengan Politeknik Negeri Cilacap merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cilacap, Kepala Bagian Umum Kepegawaian Politeknik Negeri Cilacap, Manager Komersial Pelabuhan Tanjung Intan serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kosasih saat menyampaikan sambutan dari Bupati Cilacap menyampaikan apresiasinya kepada Pelabuhan Tanjung Intan atas bantuan dan pelatihan yang telah diberikan kepada para Usaha Kecil & Menengah (UKM) untuk mengembangkan usahanya.

“Bantuan ini kiranya dapat memberikan manfaat untuk pengembangan usaha dan kemandirian sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan serta dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya,” ujarnya.

Manager Komersial Pelabuhan Tanjung Intan yang bertidak selaku Plh. General Manager Pelabuhan Tanjung Intan, AM. Yusuf Siradj dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata korporasi dalam mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan kegiatan sosial masyarakat melalui pembinaan usaha mikro maupun usaha kecil menengah melalui pinjaman modal dengan bunga lunak, yang tujuan akhirnya adalah lapangan kerja, peningkatan ekonomi masyarakat guna mewujudkan struktur perekonomian yang tangguh, seimbang, berkembang tumbuh dan berkeadilan.

 “Total penyaluran pada tahap pertama ini sebesar Rp. 250 juta dan dana tersebut merupakan dana bergulir dari angsuran para mitra binaan yang sudah mengajukan pinjaman terdahulu,” ungkapnya.
Hal ini, lanjut Yusuf, merupakan pencapaian tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat dan kondisi lingkungan sosial di sekitar perusahaan yang dikenal dengan nama program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau yang biasa disebut PKBL.

 “Dengan bantuan pinjaman lunak ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para calon mitra binaan agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan pengajuan ataupun peruntukan sebagaimana proposal yang telah diajukan sehingga modal kerja ini dapat dikelola semaksimal mungkin dan dapat memberikan manfaat untuk pengembangan usaha yang sedang ditekuni,” jelasnya.
Untuk dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental peserta agar dapat menjadi wirausaha yang handal di daerahnya, telah dihadirkan dosen-dosen dari Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Cilacap untuk dapat menjelaskan prinsip-prinsip kewirausahaan, peluang usaha, pemasaran, manajemen keuangan & klinik bisnis serta manajemen sumber daya manusia yang baik.

 Selain pemaparan materi, para mitra binaan juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan tanya jawab dengan para mentor seputar dunia kewirausahaan. Selain pemberian materi mengenai kewirausahaan juga dilakukan sosialisasi mengenai cara penyetoran angsuran pinjaman dari BNI Cilacap. Acara pelatihan yang berlangsung dari pagi hingga sore hari ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat serta buku rekening bank secara simbolis. (ISL NEWS/email:This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).

@ PT ISL Media Nasional (ISL NEWS) Sejak Tahun 2012

Top Desktop version