indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

PORT of GRESIK Layani BongkarMuat CPO 58.529 Gross Tonnage (GT)

INDONESIA SHIPPING LINE.COM/ISL NEWS (Gresik (2/6) – Pelabuhan Gresik (PORT of GRESIK) Jawa Timur sepanjang April 2016 melayani kegiatan bongkar muat 15 unit kapal yang memuat 58.529 gross tonnage (GT). Jumlah kunjungan kapal tersebut meningkat dibandingkan April tahun sebelumnya yang tercatat ada 8 unit kapal yang sandar atau setara dengan muatan sebesar 41.166 GT.

 

Supervisor Bongkar Muat Non Curah Kering Pelindo III Gresik, Imam Haromain, bahwa kenaikan yang signifikan pada jumlah kunjungan kapal di dermaga curah cair untuk bulan April mayoritas berupa kunjungan kapal CPO (crude palm oil) yang meningkat pesat. “Semula kapal-kapal yang bermuatan CPO biasanya melakukan bongkar muat di dermaga 70. Namun karena banyaknya kapal CPO yang datang pada bulan April, untuk mengurangi kepadatan, maka sebagian diarahkan bongkar muat di dermaga curah cair,” ungkapnya.

Haromain lebih lanjut menjelaskan, bahwa setiap kapal dengan rata-rata tonase mencapai 2.500 hingga 3.500 GT, dapat melakukan bongkar muat CPO minimal selama dua hari. Ramainya permintaan CPO juga membuat arus barang bongkar muat curah cair di Pelabuhan Gresik meningkat. Berdasarkan data Pelindo III, pada April tahun ini mencapai 25.980 ton/liter atau meningkat dibandingkan pada April tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 14.468 ton/liter dan. “Pertumbuhan signifikan untuk arus barang dalam satuan ton/liter dikarenakan permintaan CPO yang terus meningkat, apalagi menjelang bulan puasa Ramadan. Jadi pemasok mempersiapkan sejak jauh-jauh hari sebelumnya,” jelas Haromain lagi. (ISL/email:This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).

@ PT ISL Media Nasional (ISL NEWS) Sejak Tahun 2012

Top Desktop version